Hubungan Kemandirian Belajar dan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar Praktek Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan

Nasution, Donny Arby Mahmud (2023) Hubungan Kemandirian Belajar dan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar Praktek Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5161131012_Cover.pdf] Text
5161131012_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5161131012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5161131012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5161131012_Kata_Pengantar.pdf] Text
5161131012_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5161131012_Abstrak.pdf] Text
5161131012_Abstrak.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 5161131012_Daftar_Isi.pdf] Text
5161131012_Daftar_Isi.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 5161131012_Daftar_Tabel.pdf] Text
5161131012_Daftar_Tabel.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 5161131012_Daftar_Gambar.pdf] Text
5161131012_Daftar_Gambar.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5161131012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5161131012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5161131012_BAB_I.pdf] Text
5161131012_BAB_I.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of 5161131012_BAB_V.pdf] Text
5161131012_BAB_V.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 5161131012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5161131012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi PTE Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan, (2) Ada tidaknya hubungan intensitas belajar dengan dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi PTE Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan, (3) Apakah kemandirian belajar dan intensitas belajar mempunyai
hubungan secara bersama-sama dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi PTE Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian sebanyak 59 mahasiswa. Sampel penelitian diambil menggunakan simple random sampling sebanyak 52 mahasiswa. Proses pengumpulan data menggunakan metode non-tes berupa
angket dan dokumentasi berupa hasil nilai prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Dibuktikan dengan harga rhitung lebih besar daripada rtabel (0,944 > 0,273) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi
belajarnya. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Dibuktikan dengan harga rhitung lebih besar daripada rtabel (0,955 > 0,273) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan intensitas belajar secara bersama sama dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk
2018 Universitas Negeri Medan. Dibuktikan dengan harga R=0,945 dan koefisien determinasi (R2)=0,893 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian dan intensitas
belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kemandirian belajar; intensitas belajar; prestasi belajar; mahasiswa; praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:21
Last Modified: 23 Apr 2024 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55289

Actions (login required)

View Item
View Item