Nasution, Donny Arby Mahmud (2023) Hubungan Kemandirian Belajar dan Intensitas Belajar dengan Prestasi Belajar Praktek Penggunaan dan Pengaturan Motor Listrik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5161131012_Cover.pdf
Download (219kB)
5161131012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
5161131012_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
5161131012_Abstrak.pdf
Download (232kB)
5161131012_Daftar_Isi.pdf
Download (491kB)
5161131012_Daftar_Tabel.pdf
Download (206kB)
5161131012_Daftar_Gambar.pdf
Download (177kB)
5161131012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (177kB)
5161131012_BAB_I.pdf
Download (750kB)
5161131012_BAB_V.pdf
Download (266kB)
5161131012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (489kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Ada tidaknya hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi PTE Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan, (2) Ada tidaknya hubungan intensitas belajar dengan dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi PTE Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan, (3) Apakah kemandirian belajar dan intensitas belajar mempunyai
hubungan secara bersama-sama dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi PTE Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian sebanyak 59 mahasiswa. Sampel penelitian diambil menggunakan simple random sampling sebanyak 52 mahasiswa. Proses pengumpulan data menggunakan metode non-tes berupa
angket dan dokumentasi berupa hasil nilai prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Dibuktikan dengan harga rhitung lebih besar daripada rtabel (0,944 > 0,273) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi
belajarnya. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas belajar dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan. Dibuktikan dengan harga rhitung lebih besar daripada rtabel (0,955 > 0,273) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan intensitas belajar secara bersama sama dengan prestasi belajar praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Stambuk
2018 Universitas Negeri Medan. Dibuktikan dengan harga R=0,945 dan koefisien determinasi (R2)=0,893 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian dan intensitas
belajar mahasiswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemandirian belajar; intensitas belajar; prestasi belajar; mahasiswa; praktek penggunaan dan pengaturan motor listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 03:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55289 |