Pengembangan E-Modul Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Di SMK Swasta Parulian 1 Medan

Panjaitan, Delvi Novita (2023) Pengembangan E-Modul Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Dasar Di SMK Swasta Parulian 1 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 5183351004_Cover.pdf] Text
5183351004_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5183351004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183351004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 5183351004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183351004_Kata_Pengantar.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 5183351004_Abstrak.pdf] Text
5183351004_Abstrak.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 5183351004_Daftar_Isi.pdf] Text
5183351004_Daftar_Isi.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 5183351004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183351004_Daftar_Tabel.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 5183351004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183351004_Daftar_Gambar.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 5183351004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183351004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 5183351004_BAB_I.pdf] Text
5183351004_BAB_I.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 5183351004_BAB_V.pdf] Text
5183351004_BAB_V.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 5183351004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183351004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (512kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran interaktif sehingga peserta didik mengalami kesulitan pemahaman materi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kelayakan dan efektivitas dari E-Modul terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pemrograman Dasar. Metode penelitian ini adalah ADDIE yaitu Analyze, Design,
Development, Implementation dan Evaluation. Kelayakan media divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli desain instruksional. Media di uji coba kepada 17 orang siswa kelas X RPL. Berdasarkan uji validitas materi diperoleh skor sebesar 4,6, validitas media sebesar 4,4, validitas ahli desain instruksional sebesar 4,6, serta akseptabilitas pengguna sebesar 4,8. Maka E-Modul dapat dikategori sangat layak. Hasil pengujian yang dilakukan dengan data hasil uji t diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang
signifikan pada hasil belajar peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan E-Modul sangat layak dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul; Media pembelajaran; Pemrograman Dasar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:54
Last Modified: 23 Apr 2024 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55266

Actions (login required)

View Item
View Item