Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay pada Materi Rias Wajah Panggung di SMK Negeri 3 Pematangsiantar

-, Dahlia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay pada Materi Rias Wajah Panggung di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 5182144003_Cover.pdf] Text
5182144003_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5182144003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5182144003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of 5182144003_Kata_Pengantar.pdf] Text
5182144003_Kata_Pengantar.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 5182144003_Abstrak.pdf] Text
5182144003_Abstrak.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 5182144003_Daftar_Isi.pdf] Text
5182144003_Daftar_Isi.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 5182144003_Daftar_Tabel.pdf] Text
5182144003_Daftar_Tabel.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 5182144003_Daftar_Gambar.pdf] Text
5182144003_Daftar_Gambar.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 5182144003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5182144003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 5182144003_BAB_I.pdf] Text
5182144003_BAB_I.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 5182144003_BAB_V.pdf] Text
5182144003_BAB_V.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 5182144003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5182144003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung peragawati di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung peragawati di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan jenis research and development (R&D) dan penelitian ini menggunakan kusioner sebagai instrument pengumpulan data, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Pengembangan media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung adalah objek dari penelitian, sedangkan subjek penelitian ini adalah ahli
media, ahli materi dan siswa kelas XI Tata Kecantikan.Uji validitas pengembangan produkdilakukan oleh 3 orang ahli materi dan 3orang ahli media yang berkompoten dalam bidangnya masing-masing. Sedangkan uji coba kelayakan produk kepada siswa dilakukan sebanyak 3 tahap disertai dengan revisi media. Penentuan subjek uji coba tersebut dilakukan dengan random sampling, uji coba tahap 1/uji coba kelompok kecil sebanyak 6 orang, uji coba tahap 2/uji coba kelompok sedang sebanyak 12 orang, dan uji coba tahap 3/uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang. Hasil penelitian pada pengembangan media didapatkan skor persentase: 1) validasi ahli materi 92% “Sangat Baik”, 2) validasi media oleh ahli media 92% “Sangat Baik”, 3) hasil uji coba kelompok kecil (6 orang) diperoleh 94% “Sangat Baik”, 4) hasil uji coba kelompok sedang (12 orang) diperoleh 96% “Sangat Baik”, 5) hasil uji coba kelompok besar (30 orang) diperoleh 98%“Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung peragawati layak digunakan sebagai salah satu media yang tepat dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas XI Tata Kecantikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Autoplay; Rias Wajah Panggung Peragawati
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:24
Last Modified: 23 Apr 2024 01:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55261

Actions (login required)

View Item
View Item