-, Dahlia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Autoplay pada Materi Rias Wajah Panggung di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5182144003_Cover.pdf
Download (64kB)
5182144003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (863kB)
5182144003_Kata_Pengantar.pdf
Download (315kB)
5182144003_Abstrak.pdf
Download (404kB)
5182144003_Daftar_Isi.pdf
Download (383kB)
5182144003_Daftar_Tabel.pdf
Download (236kB)
5182144003_Daftar_Gambar.pdf
Download (429kB)
5182144003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (174kB)
5182144003_BAB_I.pdf
Download (654kB)
5182144003_BAB_V.pdf
Download (345kB)
5182144003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (357kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung peragawati di SMK Negeri 3 Pematangsiantar, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung peragawati di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Penelitian ini merupakan jenis research and development (R&D) dan penelitian ini menggunakan kusioner sebagai instrument pengumpulan data, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Pengembangan media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung adalah objek dari penelitian, sedangkan subjek penelitian ini adalah ahli
media, ahli materi dan siswa kelas XI Tata Kecantikan.Uji validitas pengembangan produkdilakukan oleh 3 orang ahli materi dan 3orang ahli media yang berkompoten dalam bidangnya masing-masing. Sedangkan uji coba kelayakan produk kepada siswa dilakukan sebanyak 3 tahap disertai dengan revisi media. Penentuan subjek uji coba tersebut dilakukan dengan random sampling, uji coba tahap 1/uji coba kelompok kecil sebanyak 6 orang, uji coba tahap 2/uji coba kelompok sedang sebanyak 12 orang, dan uji coba tahap 3/uji coba kelompok besar sebanyak 30 orang. Hasil penelitian pada pengembangan media didapatkan skor persentase: 1) validasi ahli materi 92% “Sangat Baik”, 2) validasi media oleh ahli media 92% “Sangat Baik”, 3) hasil uji coba kelompok kecil (6 orang) diperoleh 94% “Sangat Baik”, 4) hasil uji coba kelompok sedang (12 orang) diperoleh 96% “Sangat Baik”, 5) hasil uji coba kelompok besar (30 orang) diperoleh 98%“Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran Autoplay pada materi rias wajah panggung peragawati layak digunakan sebagai salah satu media yang tepat dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas XI Tata Kecantikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Autoplay; Rias Wajah Panggung Peragawati |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 01:24 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 01:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55261 |