Butar Butar, Yosua (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Di SMK Swasta Pab 12 Saentis Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5183122032 COVER.pdf
Download (44kB)
2. 5183122032 APPROVAL SHEET.pdf
Download (459kB)
3. 5183122032 ABSTRACT.pdf
Download (248kB)
4. 5183122032 PREFACE.pdf
Download (195kB)
5. 5183122032 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (802kB)
6. 5183122032 TABLES.pdf
Download (503kB)
7. 5183122032 ILLUSTRATION.pdf
Download (466kB)
8. 5183122032 APPENDICES.pdf
Download (167kB)
9. 5183122032 CHAPTER I.pdf
Download (619kB)
13. 5183122032 CHAPTR V.pdf
Download (301kB)
14. 5183122032 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (275kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan motivasi belajar siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division di SMK Swasta PAB 12 Saentis, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research.desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh
Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yaitu pra siklus, siklus pertama, dan siklus kedua. Tahapan pada penelitian tindakan kelas terdiri dari tahap perencanaan,tahap tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek dalam penelitia ini yaitu 30 siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta PAB 12 Saentistahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi motivasi belajar,
da tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji melalui validasi ahli yang terdiri dari dua orang ahli, dan diuji coba kepada 30
siswa kelas XII disekolah yang sama. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan persentase rata-rata skor kelas yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 13,60 %. Hal ini juga ditunjukkan dengan penurunan jumlah siswa yang termasuk pada kategori cukup, yang pada siklus pertama sebesar 13,33 % dan pada siklus kedua menjadi 0 %, (2) pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan peningkatan rata rata nilai nilai kelas yaitu dari pra siklus ke siklus I sebesar 35,35 % dan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,87 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran STAD; Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:58 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55255 |