Pengembangan Media Pembelajaran Video Game Berbasis Hots Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan

Abira, Maulana Dhaffa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Game Berbasis Hots Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1 NIM 5173151023 COVER.pdf] Text
1 NIM 5173151023 COVER.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 2 NIM 5173151023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 NIM 5173151023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 3 NIM 5173151023 ABSTRAK.pdf] Text
3 NIM 5173151023 ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4 NIM 5173151023 KATA PENGANTAR.pdf] Text
4 NIM 5173151023 KATA PENGANTAR.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 5 NIM 5173151023 DAFTAR ISI.pdf] Text
5 NIM 5173151023 DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 6 NIM 5173151023 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6 NIM 5173151023 DAFTAR TABEL.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 7 NIM 5173151023 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7 NIM 5173151023 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 8 NIM 5173151023 BAB I.pdf] Text
8 NIM 5173151023 BAB I.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 12 NIM 5173151023 BAB V.pdf] Text
12 NIM 5173151023 BAB V.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 13 NIM 5173151023 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13 NIM 5173151023 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bersifat interaktif menggunakan video game menggunakan basis soal HOTS. Mengetahui bagaimana tingkat kelayakan dan efektivitas media pembelajaran yang diterapkan
pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Peneitian ini dilakukan pada kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan. Bagian tahap pengujian diantaranya uji materi oleh validator ahli materi, dan uji media oleh validator ahli media, uji
kelayakan ini melibatkan 2 validator materi, 2 validator media, dan murid. Hasil yang telah diperoleh pada pengujian ini adalah sebagai berikut; (1) Pengujian kelayakan yang telah dilakukan menggunakan instrumen kelayakan multimedia
memiliki hasil sebagai berikut: Konstruksi media mendapat nilai 4,68 (Sangat Layak), Konstruksi Materi mendapat nilai 4,51 (Sangat Layak), dan Akseptibilitas oleh user mendapatkan nilai 4,51 (Sangat Layak). (2) Uji efektivitas yang dilakukan kepada 30 murid kelas X TKJ mendapatkan hasil sebagai berikut: Kelas eksperimen berjumlah 15 siswa menghasilkan nilai N-Gain sebesar .6476 (Sedang) dan
persentase nilai efektivitas N-Gain 64% (Cukup Efektif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Game; Media Pembelajaran; Komputer dan Jaringan Dasar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:07
Last Modified: 22 Apr 2024 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55247

Actions (login required)

View Item
View Item