Abira, Maulana Dhaffa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Game Berbasis Hots Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 5173151023 COVER.pdf
Download (46kB)
2 NIM 5173151023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (380kB)
3 NIM 5173151023 ABSTRAK.pdf
Download (110kB)
4 NIM 5173151023 KATA PENGANTAR.pdf
Download (161kB)
5 NIM 5173151023 DAFTAR ISI.pdf
Download (176kB)
6 NIM 5173151023 DAFTAR TABEL.pdf
Download (119kB)
7 NIM 5173151023 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (121kB)
8 NIM 5173151023 BAB I.pdf
Download (487kB)
12 NIM 5173151023 BAB V.pdf
Download (279kB)
13 NIM 5173151023 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (177kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bersifat interaktif menggunakan video game menggunakan basis soal HOTS. Mengetahui bagaimana tingkat kelayakan dan efektivitas media pembelajaran yang diterapkan
pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Peneitian ini dilakukan pada kelas X TKJ SMK Swasta Dwiwarna Medan. Bagian tahap pengujian diantaranya uji materi oleh validator ahli materi, dan uji media oleh validator ahli media, uji
kelayakan ini melibatkan 2 validator materi, 2 validator media, dan murid. Hasil yang telah diperoleh pada pengujian ini adalah sebagai berikut; (1) Pengujian kelayakan yang telah dilakukan menggunakan instrumen kelayakan multimedia
memiliki hasil sebagai berikut: Konstruksi media mendapat nilai 4,68 (Sangat Layak), Konstruksi Materi mendapat nilai 4,51 (Sangat Layak), dan Akseptibilitas oleh user mendapatkan nilai 4,51 (Sangat Layak). (2) Uji efektivitas yang dilakukan kepada 30 murid kelas X TKJ mendapatkan hasil sebagai berikut: Kelas eksperimen berjumlah 15 siswa menghasilkan nilai N-Gain sebesar .6476 (Sedang) dan
persentase nilai efektivitas N-Gain 64% (Cukup Efektif).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Game; Media Pembelajaran; Komputer dan Jaringan Dasar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:07 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55247 |