Lumbanraja, Hasian (2023) Pengembangan Trainer Teknik Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di Kelas XI TEI Sekolah Menengah Kejuruan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.5172131004 COVER.pdf
Download (47kB)
2. NIM.5172131004 APPROVAL SHEET.pdf
Download (322kB)
3. NIM.5172131004 ABSTRACT.pdf
Download (79kB)
4. NIM.5172131004 PREFACE.pdf
Download (83kB)
5. NIM.5172131004 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (70kB)
6. NIM.5172131004 TABLES.pdf
Download (44kB)
7. NIM.5172131004 ILLUSTRATION.pdf
Download (42kB)
8. NIM.5172131004 APPENDICES.pdf
Download (43kB)
9. NIM.5172131004 CHAPTER I.pdf
Download (206kB)
13. NIM.5172131004 CHAPTER V.pdf
Download (71kB)
14. NIM.5172131004 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (71kB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang ada di sekitar kita selalu berkembang. Salah satu perkembangan teknologi yang dimaksud yaitu adanya jenis baru yaitu Trainer Teknik Digital. Adapun Trainer Teknik Digital adalah suatu alat praktik teknologi berbentuk nyata yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan yang mempunyai harga 0 dan 1 (bilangan biner) yang berbentuk nyata dan
digunakan sebagai sarana belajar dalam proses pembelajaran. Kelebihan dari trainer ini yaitu memudahkan memahami dasar– dasar teknik digital. Praktis pemakaiannya sehingga menghemat waktu praktikum. Tujuan dari pengembangan ini ialah terbentuknya trainer teknik digital sebagai
media pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangan trainer teknik digital tersebut sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran penerapan rangkaian
elektronika di Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang dikernal dengan Research And Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket yang berisi pernyataan-pernyataan validasi. Angket yang diisi oleh para ahli adalah validasi media, trainer dan Job Sheet. Hasil validitas media Trainer ini Sangat Layak dilihat dari hasil uji persyaratan media Trainer oleh 2 orang ahli dengan persentase ahli media 1 sebesar 95% dan persentase ahli media 2 sebesar 98.75%. Dengan rata-rata persentase sebesar 96,9%. Untuk data uji persyaratan dapat disimpulkan bahwa Job Sheet ini Sangat Layak dilihat dari hasil uji persyaratan Job Sheet oleh 2 orang ahli dengan persentasi ahli materi 1 sebesar 87,5% dan persentase ahli materi 2 sebesar 96,25% dengan rata-rata persentase sebesar 91.9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Trainer; Teknik Digital; Penerapan Rangkaian Elektronika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 06:44 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 06:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55241 |