Silitonga, Daniel Fransisco (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Animate Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Titl Di Smk Dwiwarna Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5183331014 COVER.pdf
Download (122kB)
2. 5183331014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (289kB)
3. 5183331014 ABSTRACT.pdf
Download (140kB)
4. 5183331014 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (139kB)
5. 5183331014 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (140kB)
6. 5183331014 LIST OF FIGURES.pdf
Download (111kB)
7. 5183331014 LIST OF TABLES.pdf
Download (111kB)
8. 5183331014 LIST OF DIAGRAMS.pdf
Download (110kB)
9. 5183331014 CHAPTER I.pdf
Download (398kB)
13. 5183331014 CHAPTER V.pdf
Download (193kB)
14. 5183331014 REFERENCES.pdf
Download (207kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan perkembangan siswa belajar dasar-dasar listrik dan elektronika tanpa menggunakan media pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash Animate dengan siswa yang belajar
dasar-dasar listrik dan elektronika menggunakan media pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash Animate pada siswa kelas X TITL SMK Dwiwarna Medan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Dwiwarna Medan. Fokus penelitian ini adalah pada anak kelas X TITL dengan populasi siswa sebanyak 10 siswa. Penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil dari penelitian Media Pembelajaran Animasi berbasis Adobe
Flash Animate dengan menggunakan pengembangan Four-D dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran animasi sebagai media pembelajaran dasar-dasar listrik dan elektronika berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi 1
memperoleh persentasi skor sebesar 78% dengan penilaian valid. 2) Ahli materi 2 memperoleh persetasi skor sebesar 94,23% dengan penilaian sangat valid. 3) Ahli Media 1 memperoleh persetasi skor sebesar 84,37% dengan penilaian valid. 4) Ahli Media 2 memperoleh persetasi skor sebesar 79,68% dengan penilaian valid. Penilaian kevalidan media dari peserta didik yang didapatkan melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 73,88% dengan kriteriaa penilaian valid dan uji coba pemakaian pada kelompok besar diperoleh persentase skor sebesar 88,05% dengan kriteria penilaian sangat valid,
maka kenaikan yang diperoleh sebesar 14,17%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Video Animasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 06:00 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55239 |