Hasibuan, Nurlayla Chairani (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Subtema 3 Kelas IV SD Negeri 060848 Saga T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1182111036 COVER.pdf
Download (67kB)
2. NIM 1182111036 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 1182111036 ABSTRACT.pdf
Download (129kB)
4. NIM 1182111036 PREFACE.pdf
Download (235kB)
5. NIM 1182111036 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (160kB)
6. NIM 1182111036 LIST OF TABLES.pdf
Download (100kB)
7. NIM 1182111036 LIST OF PICTURES.pdf
Download (94kB)
8. NIM 1182111036 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (102kB)
9. NIM 1182111036 CHAPTER I.pdf
Download (420kB)
13. NIM 1182111036 CHAPTER V.pdf
Download (188kB)
14. NIM 1182111036 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (227kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis lectora terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3 Kelas IV SD Negeri 060848 Saga Medan Petisah Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini tergolong kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Expriment. Penelitian ini mengunakan sampel jenuh dengan subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri 060848 Saga, Medan Petisah T.A 2021/2022 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogen, dan uji t dengan berbantuan program SPSS 26. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatnya pengaruh media pembelajaran
berbasis lectora terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3 kelas IV SD
Negeri 060848 Saga Medan Petisah T.A 2021/ 2022. Hal ini dapat dilihat dari rata rata nilai pretest kelompok eksperimen (40,77) dan kelompok kontrol (31,92), rata rata nilai posttest kelompok eksperimen (81,92) dan kelompok kontrol (55,38). Berdasarkan hasil uji normalitas dari pada data pre-test hasilnya 0,194, post-test diperoleh 0,200 yang keduanya lebih besar dari harga signifikansi 0,05 berarti data berdistribusikan normal (sig>0,05). Dan pada uji homogenitas pretest 0,917 dan posttest 0,064 lebih besar dari harga signifikasinya 0,05 artinya data bersifat homogen (sig>0,05). Kemudian, uji-T independent samples test, yang memproleh nilai sigifikansi 2-tailed sebesar 0,00 yang berarti bahwa lebih kecil dari harga <0,05 (Sig < 0,05) maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Lectora |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 05:03 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55221 |