Hasibuan, Paruhuman (2016) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136132043 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 8136132043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM 8136132043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 8136132043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM 8136132043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 8136132043 TABLES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM 8136132043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM 8136132043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 8136132043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM 8136132043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM 8136132043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja; (2) Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja; (3) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru; (4) Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru; dan (5) Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Medan Area. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, model yang digunakan adalah analisis jalur dengan teknik analisis dan inferensial. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru SD Negeri yang ada di Kecamatan Medan Area yang berjumlah 276 guru. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 159 guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja dengan koefisien korelasi ρ = 0,33 dengan sumbangan pengaruhnya 11 %; (2) terdapat pengaruh langsung positif kepuasan kerja terhadap motivasi kerja dengan koefisien korelasi ρ = 0,16 dengan sumbangan pengaruh langsung sebesar 2,56%; (3) terdapat pengaruh langsung positif supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasiρ = 0,33 dengan sumbangan pengaruhnya sebesar 11 %; (4) terdapat pengaruh langsung positif kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan korelasi ρ = 0,19 dengan sumbangan pengaruhnya sebesar 3,61%; (5) terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasiρ = 0,16 dengan sumbangan pengaruhnya sebesar 2,56 %. Maka untuk meningkatkan kinerja guru perlu adanya peningkatan supervisi akademik kepala sekolah, kepuasan kerja, dan motivasi kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Has p |
Keywords: | Kinerja guru; Supervisi akademik; Kepala sekolah; Kepuasan kerja; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:03 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5520 |