Nasution, Akhila Ardianti (2023) Pengembangan Media Video Animasi Powtoon Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3191121004_Cover.pdf
Download (827kB)
3191121004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
3191121004_Abstrak.pdf
Download (1MB)
3191121004_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
3191121004_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
3191121004_Daftar_Tabel.pdf
Download (813kB)
3191121004_Daftar_Gambar.pdf
Download (809kB)
3191121004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (925kB)
3191121004_BAB_I.pdf
Download (1MB)
3191121004_BAB_V.pdf
Download (836kB)
3191121004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis video animasi Powtoon; 2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis video animasi Powtoon. Pengembangan media pembelajaran interaktif sejarah berbasis video animasi Powtoon menggunakan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Produk media pembelajaran interaktif sejarah berbasis video animasi Powtoon yang dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi validasi oleh ahli materi, yaitu persentase 88% dengan kriteria sangat baik dan ahli media, yaitu dengan persentase 84% kriteria sangat baik. Sedangkan, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh
persentase 84,28% dengan kriteria sangat baik, uji coba kelompok sedang diperoleh persentase 87,2% dengan kriteria sangat baik, dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 90,96% dengan kriteria sangat baik. Kemudian, penggunaan media media pembelajaran interaktif sejarah berbasis video animasi powtoon lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan media yang dibuktikan melalui pretest dan posttest masing-masing, yaitu diperoleh bahwa nilai post-test lebih tinggi dibanding pre-test masing-masing diperoleh 81 dan 41. Persentase NGain yang didapatkan adalah 68% dengan kategori “cukup efektif”. Melalui hasil penilaian kelayakan dan keefektifan tersebut diperoleh hasil bahwa Video animasi Powtoon dalam Pembelajaran sejarah untuk kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Dolok Masihul sangat layak dan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Video Animasi, Powtoon, Kolonialisme dan Imprialisme Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 08:56 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55199 |