Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Gea, Agung Paskah Iman (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 3172131009_Cover.pdf] Text
3172131009_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 3172131009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3172131009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 3172131009_Abstrak.pdf] Text
3172131009_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 3172131009_Kata_Pengantar.pdf] Text
3172131009_Kata_Pengantar.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 3172131009_Daftar_Isi.pdf] Text
3172131009_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 3172131009_Daftar_Tabel.pdf] Text
3172131009_Daftar_Tabel.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 3172131009_Daftar_Gambar.pdf] Text
3172131009_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3172131009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3172131009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 3172131009_BAB_I.pdf] Text
3172131009_BAB_I.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 3172131009_BAB_VI.pdf] Text
3172131009_BAB_VI.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 3172131009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3172131009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Gajah Mada Medan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dari bulan Januari s/d Februari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, maka populasi dijadikan sekaligus sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran (posttest) dengan model Discovery Learning sebesar 80,27 lebih tinggi dari pada sebelum pembelajaran (prestest) yaitu 47,56. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung (4,09) > ttabel (1,69), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada Materi
Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning, Dinamika Litosfer, Dampak Kehidupan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 19 Apr 2024 05:10
Last Modified: 07 May 2024 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55197

Actions (login required)

View Item
View Item