Hamid, Abdul (2016) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI KELAS PADA GURU SMA NEGERI SEKECAMATAN LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136131001 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM 8136131001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 8136131001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
4. NIM 8136131001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 8136131001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM 8136131001 TABLES.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7. NIM 8136131001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
8. NIM 8136131001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
9. NIM 8136131001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 8136131001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
14. NIM 8136131001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap kompetensi pedagogik, supervisi akademik kepala sekolah terhadap keefektifan pembelajaran di kelas, kompetensi pedagogik terhadap keefektifan pembelajaran di kelas, dan keefektifan pembelajaran di kelas terhadap kepuasan kerja Guru SMA Negeri Sekecamatan Lawe Sigala gala Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan responden sebanyak 152 orang Guru SMA Negeri Sekecamatan Lawe Sigala gala Kabupaten Aceh Tenggara. Pengumpulan data di peroleh melalui instrument angket. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kepuasan kerja. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungn koefisien jalur ρ31 = 0,27 dan harga t_(hitung )= 3,86 > ttabel = 1,64. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kompetensi pedagogi. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan koefisien jalur ρ32 = 0,14 dengan harga thitung = 1,84 > ttabel = 1,64. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara keefektifan pembelajaran di kelas terhadap supervisi akademik kepala sekolah. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan koefesien jalur ρ41 = 0,39 dengan harga thitung = 6,12 > ttabel = 1,64. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara keefektifan pembelajaran di kelas terhadap kompetensi pedagogik. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan koefesien jalur ρ42 = 0,15 dengan harga thitung = 1,99, > ttabel = 1,64. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara keefektifan pembelajaran di kelas terhadap kepuasan kerja. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan koefesien jalur ρ43 = 0,15 dengan harga thitung = 1,99 > ttabel = 1,64.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Ham p |
Keywords: | Supervisi akademik; Kepala sekolah; Kompetensi pedagogik; Kepuasan kerja guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 03:51 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5518 |