PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2022/2023

ADELIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193341039_Cover.pdf] Text
7193341039_Cover.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7193341039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193341039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7193341039_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193341039_Kata_Pengantar.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7193341039_Abstrak.pdf] Text
7193341039_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 7193341039_Daftar_Isi.pdf] Text
7193341039_Daftar_Isi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7193341039_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193341039_Daftar_Tabel.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7193341039_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193341039_Daftar_Gambar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 7193341039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193341039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 7193341039_BAB_I.pdf] Text
7193341039_BAB_I.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 7193341039_BAB_V.pdf] Text
7193341039_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 7193341039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193341039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 siswa dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 103 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 11,836 + 0,798 X1 + 0,275 X2+ e. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet dan prestasi belajar dengan nilai thitung 4,807 dengan demikian nilai thitung > ttabel (4,807 > 1,983) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 2,475 dan nilai thitung > ttabel (2,475 > 1,983) dengan nilai signifikansi (0,015 < 0,050). Selanjutnya, uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (27,904 > 3,09) dan nilai signifikansi α = (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,358 yang artinya penggunaan internet dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 35,8% sedangkan sisanya sebesar 64,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penggunaan Internet, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 01 May 2024 10:21
Last Modified: 01 May 2024 10:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55099

Actions (login required)

View Item
View Item