ADELIA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341039_Cover.pdf
Download (3MB)
7193341039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (4MB)
7193341039_Kata_Pengantar.pdf
Download (4MB)
7193341039_Abstrak.pdf
Download (6MB)
7193341039_Daftar_Isi.pdf
Download (4MB)
7193341039_Daftar_Tabel.pdf
Download (4MB)
7193341039_Daftar_Gambar.pdf
Download (6MB)
7193341039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (4MB)
7193341039_BAB_I.pdf
Download (7MB)
7193341039_BAB_V.pdf
Download (6MB)
7193341039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 siswa dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 103 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 11,836 + 0,798 X1 + 0,275 X2+ e. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet dan prestasi belajar dengan nilai thitung 4,807 dengan demikian nilai thitung > ttabel (4,807 > 1,983) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 2,475 dan nilai thitung > ttabel (2,475 > 1,983) dengan nilai signifikansi (0,015 < 0,050). Selanjutnya, uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara penggunaan internet dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (27,904 > 3,09) dan nilai signifikansi α = (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,358 yang artinya penggunaan internet dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 35,8% sedangkan sisanya sebesar 64,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Internet, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 10:21 |
Last Modified: | 01 May 2024 10:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55099 |