HARAHAP, SITI AMANAH (2023) PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 HALONGONAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193141012_Cover.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7193141012_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7193141012_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
7193141012_Abstrak.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
7193141012_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7193141012_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7193141012_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7193141012_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7193141012_BAB_I.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
7193141012_BAB_V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7193141012_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Halongonan T.A 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biaya Pendidikan dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Halongonan T.A 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Halongonan T.A 2022/2023 yang beralamat di di Jln Lintas Gunungtua-Langga Payung KM.15 Hutaimbaru I Kec. Halongonan Kab. Padang Lawas Utara Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 87 orang siswa. Sampel sebanyak 87 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum angket tersebut disebar terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda, dengan uji hipotesis yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 26, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 0,86 + 0,588X1 + 0,298 X2. Analisis uji t untuk variabel Biaya Pendidikan (X1) diperoleh thitung>ttabel ( 6,223 > 1,663 ) dengan nilai sig α < 0,001 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Biaya Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y). Untuk variabel Fasilitas Belajar (X2) diperoleh thitung>ttabel ( 3,153 > 1,663 ) dengan nilai sig α 0,002 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Fasilitas Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y). Selanjutnya untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung dengan Ftabel. Berdasarkan hasil uji F diperoleh bahwa nilai Fhitung>Ftabel (20,142 > 3,11). Dengan nilai sig α <0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Biaya Pendidikan (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Hasil Belajar Ekonomi (Y). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Biaya Pendidikan dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa di SMAN 1 Halongonan T.A 2022/2023 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Biaya Pendidikan, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55087 |