Sinaga, Ady Martin (2023) Pengaruh Peran Guru PPKn Terhadap Pembinaan Perilaku Toleransi Siswa Kelas XI SMA Swasta GajahMadaMedan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3193111002_Cover.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
3193111002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
3193111002_Abstrak.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3193111002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
3193111002_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3193111002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3193111002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3193111002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3193111002_BAB_I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
3193111002_BAB_V.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3193111002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru PPKn terhadap pembinaan perilaku toleransi siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitupenelitian korelasional. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memiliki dua variabel yaitu x (pengaruh peran guru PPKn) dan y (perilaku toleransi siswa). Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang menghasilkan data numerik (angka). Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Swasta Gajah Mada Medan kelas XI tahun pelajaran 2022/2023, yang beralamat di Jalan. H.M Said No.19, Durian, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 2 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah total seluruh jumlah populasi kelas XI (34 siswa). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan sangat lemah 9,9% pengaruh peran guru PPKn terhadap pembinaan perilaku toleransi siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari perhitungan koefisien korelasi antara variabel x terhadap variabel y diketahui bahwa nilai rhitung adalah sebesar 0,316. Apabila nilai ini dibandingkan dengan nilai rtabel pada signifikan 5% dengan n=34, maka rhitung adalah sebesar sesuai dengan ketentuan, apabila nilai rhitung lebih kecil daripada nilai rtabel (rhitung<rtabel) atau 0,316<0,339 maka dapat disimpulkan bahwa rendahnya pengaruh peran guru PPKn terhadap pembinaan perilaku toleransi siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan tahun pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh Peran; Guru PPKn; Perilaku Toleransi Siswa; |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 08:10 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55063 |