Rahmah, Siti (2023) Analisis Perilaku Konsumtif Remaja Pecinta Animasi Jepang Di Kecamatan Medan Tembung. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1182171014 COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
2. 1182171014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 1182171014 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4. 1182171014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. 1182171014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. 1182171014 TABLES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7. 1182171014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
8. 1182171014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 1182171014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. 1182171014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. 1182171014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan untuk mengkonsumsi produk karena adanya perasaan ingin memiliki sesuatu benda yang berupa barang atau jasa, namun bukan berdasar kebutuhan akan tetapi karena keinginan untuk menggunakan atau membeli sesuatu dengan hanya memenuhi hasrat kesenangan semata tanpa dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan ataupun permintaan. Ada tiga aspek perilaku konsumtif yaitu, pembelian implusif, pembelian tidak rasional dan pemborosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku konsumtif remaja pecinta animasi Jepang dalam pembelian merchandise animasi Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang remaja. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner alat ukur perilaku konsumtif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tabel frekuensi dan uji kecenderungan, uji kecenderungan dilakukan dengan 4 kategori yaitu kategori sangat tinggi, kategori tinggi, kategori rendah dan kategori sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat perilaku konsumtif dengan indikator pembelian implusif tergolong tinggi dengan persentase 48,4% (15 responden) indikator pembelian tidak rasional juga tergolong tinggi dengan persentase 48,4% (15 responden) dan indikator pemborosan dengan persentase 45,2% (14 responden) juga masuk kedalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PLS-011 |
Keywords: | Perilaku Konsumtif; Animasi Jepang |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV1421 Young adults. Youth. Teenagers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55060 |