Sitorus, Regina Anastasya (2016) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN TINGKAT INTELEGENSI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X SMK SWASTA YAPIM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM 7113341056 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
02. NIM 7113341056 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
04.NIM 7113341056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
03. NIM 7113341056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
05.NIM 7113341056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
06.NIM 7113341056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07.NIM 7113341056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08.NIM 7113341056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
10.NIM 7113341056 BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13.NIM 7113341056 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14.NIM 7113341056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemandirian belajar dan tingkat intelegensi siswa pada pelajaran kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Kemandirian Belajar Siswa dan Tingkat Intelegensi siswa Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Di Kelas X SMK Swasta YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Yapim Medan dengan jumlah 79 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan mengambil seluruh populasi yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,838 untuk variabel Kemandirian belajar dan 0,840 untuk variable Tingkat intelegensi siswa. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar kewirausahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y = 18,332 + 0, 428 X1+ 0,357X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,395 atau 39%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Adanya Pengaruh Yang Signifikan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan. 2)Adanya Pengaruh Yang Signifikan Antara Tingkat intelegensi siswa Dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan. 3) Adanya Pengaruh Yang Signifikan Antara Kemandirian belajar Dan Tingkat intelegensi siswa Dengan Prestasi Belajar Kewirausahaan.
Pihak sekolah dan guru sebaiknya sebaiknya pendidik menerapkan kemandirian belajar pada setiap siswa. Agar siswa mampu berpikir secara kritis, kreatif dan inovatif sehingga memicu tingkat intelegensi siswa lebih cerdas dalam mengikuti pelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 004 |
Keywords: | Kemandirian belajar; tingkat intelegensi; Prestasi Belajar ; Mata Pelajaran Kewirausahaan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 06:55 |
Last Modified: | 27 May 2016 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5506 |