Siregar, Agnes Miranda (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVSISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG BUNYI SISWA KELAS XI SMAN 1 BILAH HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193321002_Cover.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4193321002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
4193321002_Abstrak.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
4193321002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
4193321002_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4193321002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4193321002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4193321002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4193321002_BAB_I.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
4193321002_BAB_V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
4193321002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Discovery learning adalah strategi pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan observasi, eksperimen atau tindakan ilmiah sehingga mendapatkan hasil kesimpulan dari kegiatan yang dilakukannya. Media audiovisual memainkan peran penting dalam proses pendidikan, terutama ketika digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar pada materi gelombang bunyi siswa kelas XI SMAN 1 Bilah Hulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dalam bentuk Two Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Bilah Hulu yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu XI IPA-2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA-1 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa yang di tentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil belajar yaitu tes pilihan ganda yang telah divalidkan oleh validator kemudian dilakukan pengujian data melalui Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena nilai Lhitung pada setiap pengujian yang dilakukan lebih rendah daripada Ltabel yang diperoleh. Dari hasil uji homogenitas diperoleh Ftabel pada taraf signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Discovery learning; Media Audiovisual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:38 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55057 |