Siregar, Miska Khairani (2023) Pengembangan Buku Saku Identifikasi Jamur diperkebunan Karet berbasis Literasi Sains sebagai sumber Belajar Biologi Siswa SMA di Kecamatan Angkola Selatan. Masters thesis, UNIMED.
3. NIM 8196173009 ABSTRACTS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 8196173009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
4. NIM 8196173009 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1. NIM 8196173009 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM 8196173009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM 8196173009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 8196173009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8196173009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM 8196173009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM 8196173009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8196173009 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar di kelas khususnya materi
jamur, rendahnya literasi siswa saat ini dan rendahnya nilai siswa pada materi jamur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kelayakan isi dan penyajian buku saku
identifikasi jamur di kelas X IPA menurut ahli materi; (2) kelayakan buku saku
identifikasi jamur di kelas X IPA menurut ahli bahasa; (3) kelayakan buku buku saku
jamur di kelas X IPA menurut ahli desain layout; (4) kepraktisan buku saku identifikasi
jamur pada materi jamur di kelas X; (5) respon guru dan peserta didik biologi terhadap
buku saku jamur. Penelitian ini dilakukan di sekitar perkebunan karet dikecamatan
Angkola Selatan dan sekolah SMA Negeri1 Kecamatan Angkola, dengan teknik analisis
data deskriptif pengembangan buku saku dilaksanakan dengan menggunakan model
pengembangan Thiagarajan Four-D (4-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu
pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Produk yang dihasilkan
merupakan buku saku yang akan digunakan siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Angkola
Selatan. Bukusaku yang dinilai layak oleh ahli validasi. Hasil penilaian ahli materi
menunjukkan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 94,57% (sangat
baik), ahli desain layout sebesar 93,22% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar
96,97% (sangat baik), responden guru sebesar 96.85% (sangat baik), responden
pesertadidik sebesar 89,9%(sangat baik), uji efektivitas buku saku sebesar 60,57%
(cukup) dan nilai uji t (thitung= 4,55 dan ttabel = 1,69) sehingga dapat disimpulkan bahwa
produk penelitian pengembangan Buku Saku Identifikasi Jamur di Perkebunan Karet
Berbasis Literasi Sains Sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMA di Kecamatan
Angkola Selatan yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar
biologi di kelas X.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 632,952 Sir p |
Keywords: | buku saku, jamur,di perkebunan karet, literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:05 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55050 |