Rifqa, Husna (2022) Pengembangan Media Pop up book Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema 7 Kelas IV Indahnya Keberagaman Negeriku Di SDN 8 Bebesen Kabupaten Aceh Tengah T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111027_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1181111027_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
3. NIM. 1181111027_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM. 1181111027_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1181111027_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 1181111027_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 1181111027_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1181111027_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
13. NIM. 1181111027_BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. NIM. 1181111027_BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
14. NIM. 1181111027_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pop up book untuk kemampuan menyimak Tema 7 Kelas IV Indahnya Keberagaman Negeriku, untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pop up book untuk kemampuan menyimak Tema 7 Kelas IV Indahnya Keberagaman Negeriku, untuk mengetahui kepraktisan pengembangan media pop up book untuk kemampuan menyimak Tema 7 Kelas IV Indahnya Keberagaman Negeriku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan desain 4D, sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas IV Di SDN 8 Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Berikut hasil penelitian : 1) Penilaian ahli desain, dimana menurut ahli desain pada uji coba kelompok kecil, media pop up book memperoleh skor 49 dan persentase 81,67%. Kemudian pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 51 dengan persentase 85%. Menurut ahli materi pada uji coba kelompok kecil media pop up book diperoleh skor 59 dengan persentase 78,67% dan pada uji coba kelompok kecil diperoleh skor 71 dengan persentase 94,67%. 2) Uji Keefektifan produk pengembangan media pop up book cukup efektif karena meningkatkan hasil belajar peserta didik dan nilai peserta mencapai nilai KKM. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata keseluruhan siswa dimana pada awalnya nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,06 dan kemudian 86,40. Diawal tidak tuntas menjadi tuntas, diawal kategori nilai kurang dan kemudian menjadi baik. 3) Uji kepraktisan pada siswa melalui tanggapan siswa terhadap produk media pop up book, uji keefektifan pada uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 81% dengan kategori valid (sangat layak) dan praktis. Uji keefektifan pada siswa uji coba kelompok besar persentase sebesar 89,5% dengan kategori valid (sangat layak) dan praktis. Dari hasil uji kepraktisan ahli 1 dimana memperoleh persentase 88% dengan kategori Valid (sangat layak). Hasil uji kepraktisan ahli 2 dimana memperoleh persentase 84% dengan kategori valid (sangat layak).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-027 |
Keywords: | Media; Pop up book; Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:51 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55046 |