SITEPU, CANDRA YOGI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Mulia Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5163322003_Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5163322003_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5163322003_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
5163322003_Abstrak.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5163322003_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5163322003_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
5163322003_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5163322003_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
5163322003_BAB_I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
5163322003_BAB_V.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
5163322003_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model
pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar perawatan kendaraan
ringan siswa kelas XI Program Studi Teknik Otomotif SMK Swasta Mulia
Medan. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas).
Untuk sampel, terdiri dari 15 siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.
Data hasil belajar dikumpulkan melalui instrumen tes tertulis dalam LKS (Lembar
Kerja Siswa) yang mencakup topik pemeliharaan kendaraan ringan. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji-t secara kuantitatif untuk membandingkan
hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar perawatan kendaraan ringan. Siswa
yang mendapatkan model pembelajaran Direct Instruction menunjukkan
peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan sebelum diberikan
perlakuan. Rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan yang dilihat
dari hasil pre-test dan postest. Pada saat pretest, persentase kelulusan nilai siswa
hanya sebesar 27%. Terjadi peningkatan saat postest di siklus I dengan perentase
kelulusan sebesar 66% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar
80%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct
Instruction dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar
perawatan kendaraan ringan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Direct Instruction; hasil belajar; SMK Swasta Mulia Medan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 06:21 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 06:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55034 |