Maulida, Sheila (2016) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 709141212 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 709141212 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
4. NIM. 709141212 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
3. NIM. 709141212 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 709141212 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 709141212 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 709141212 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 709141212 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 709141212 BAB I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM. 709141212 BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
14. NIM. 709141212 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Kewirausahaan merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di SMK untuk mewujudkan semangat, sikap dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kerja untuk meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Permasalahannya adalah prestasi belajar kewirausahaan di SMK Negeri 1 Stabat secara umum belumlah optimal, karena sebagian siswa belum tuntas, karena nilainya masih di bawah KKM (Krteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan. Untuk ini tentu perlu usaha untuk mengatasinya dengan melalui 2 (dua) faktor, yaitu kebiasaan siswa dan kompetensi siswa.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa (32 orang) kelas XI Jurusan Pemasaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total, yaitu keseluruhan populasi yang berjumlah 32 orang dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatitf dengan menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi , wawancara, dan angket.
Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh: Secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (α=5%, r=0,792), dan kompetensi siswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (α=5%, r=0,855). Secara simultan juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dan kompetensi siswa secara bersama sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2015/2016 (67,044>0,438 dan 0,000<0,05 ). Koefisien determinasi (R2) adalah 0,822, yang berarti 82,2 % prestasi belajar kewirausahaan SMK Negeri 1 Stabat dapat dijelaskan melalui variabel kebiasaan belajar siswa dan kompetensi siswa, serta sisanya 17,8 % dipegaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Koefisien determinasi (R2) adalah 0,822. Nilai tersebut berarti bahwa sekitar 82,2 % prestasi belajar kewirausahaan SMK Negeri 1 Stabat dapat dijelaskan melalui variabel kebiasaan belajar siswa dan kompetensi siswa, serta sisanya 17,8 % dipegaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini.
Saran yang dapat disumbangkan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah faktor kebiasaan belajar dan kompetensi siswa mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa di SMK Negeri 1 Stabat, maka hendaknya kedua hal tersebut perlu ditingkatkan agar prestasi belajar siswa dapat meningkat lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 011 |
Keywords: | Kebiasaan Belajar; Kompetensi Siswa; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 05:00 |
Last Modified: | 27 May 2016 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5503 |