Hasanah, Sari Nur (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Berbantuan QR Code Pada Materi Penyelesaian Tepi Pakaian Kelas X SMK Swasta Citra Harapan Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5182143007 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 5182143007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM 5182143007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
4. NIM 5182143007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
5. NIM 5182143007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM 5182143007 TABLES.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7. NIM 5182143007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
8. NIM 5182143007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
12. NIM 5182143007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM 5182143007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis modul
berbantuan QR Code pada materi penyelesaian tepi pakaian siswa kelas X SMK
Swasta Citra Harapan dan mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis modul
berbantuan Qr Code pada materi penyelesaian tepi pakaian yang dinilai oleh ahli
materi, ahli media dan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). penelitian
ini menggunakan model 4-D yang memiliki 4 tahapan dalam pengembangan yaitu
Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek penelitian adalah 4 orang
ahli yang terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media dan seluruh siswa kelas X
SMK Citra Harapan Medan yang berjumlah 33 orang.
Hasil penelitian adalah bahan ajar berbasis modul berbantuan qr code pada
materi penyelesaian tepi pakaian menurut ahli materi termasuk kategori “Sangat
Baik” dengan rata-rata skor 84,5 dan menurut ahli media termasuk kategori
“Sangat Baik” dengan rata-rata skor penilaian 105. Hasil uji kelayakan kelas
terbatas memperoleh rata-rata skor 64,8 dengan kategori “Baik” dan uji kelayakan
pada kelompok besar memeproleh rata-rata skor penilaian 73 dengan kategori
“Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis modul
berbantuan QR Code yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dan
sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi penyelesaian tepi pakaian
siswa kelas X SMK Swasta Citra Harapan Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Modul, QR Code, Penyelesaian Tepi Pakaian, 4-D |
Subjects: | T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 05:57 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55026 |