SIDAURUK, AULIANTA (2023) Pengembangan Media Belajar Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Untuk Belajar Mandiri Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian DPIB Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5161111005_Cover.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5161111005_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (715kB) | Preview
5161111005_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5161111005_Abstrak.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5161111005_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5161111005_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5161111005_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5161111005_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5161111005_BAB_I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5161111005_BAB_V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5161111005_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media
pembelajaran berupa video sebagai media pembelajaran interaktif untuk belajar
mandiri pada siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Medan (2) Mengetahui
kelayakan produk media pembelajaran berbasis video sebagai media interaktif
untuk belajar mandiri pada siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Medan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan
(Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian
pengembangan ini yaitu: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan
dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan
ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, dan
Implementation. Tahap analysis meliputi studi lapangan dan studi literatur. Tahap
design melitputi pembuatan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan
produk media pembelajaran berbasis Video, validasi ahli domain materi dan
validasi ahli domain media, serta revisi media pembelajaran dari ahli materi dan
ahli media. Tahap implementation dilakukan uji coba produk skala kecil yang
melibatkan 20 orang siswa. (2) hasil penilaian ahli domain materi I dengan skor 4,0
dan skor penilaian ahli materi II 4,25 serta penilaian ahli media 4,08. Jika
dikalkulasikan maka hasil rata-rata penilaian sebesar 4,11 yang membuat skor
penilaian ahli termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. (3) Hasil uji coba
skala kecil terhadap siswa kelas XI DPIB dengan jumlah 20 responden
menunjukkan bahwa akseptansi (tingkat penerimaan) oleh pengguna (peserta didik)
sebesar 4,00 yang berarti tingkat penerimaan media pembelajaran oleh siswa kelas
XI DPIB “SANGAT TINGGI”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Video Pembelajaran; Media pembelajaran interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 05:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55023 |