Pengembangan Media Belajar Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Untuk Belajar Mandiri Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian DPIB Di SMK Negeri 2 Medan

SIDAURUK, AULIANTA (2023) Pengembangan Media Belajar Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Untuk Belajar Mandiri Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian DPIB Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 5161111005_Cover.pdf]
Preview
Text
5161111005_Cover.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
5161111005_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
5161111005_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Abstrak.pdf]
Preview
Text
5161111005_Abstrak.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
5161111005_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
5161111005_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
5161111005_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
5161111005_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_BAB_I.pdf]
Preview
Text
5161111005_BAB_I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_BAB_V.pdf]
Preview
Text
5161111005_BAB_V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5161111005_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
5161111005_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media
pembelajaran berupa video sebagai media pembelajaran interaktif untuk belajar
mandiri pada siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Medan (2) Mengetahui
kelayakan produk media pembelajaran berbasis video sebagai media interaktif
untuk belajar mandiri pada siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 2 Medan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan
(Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian
pengembangan ini yaitu: (1) Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan
dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan
ADDIE. Adapun tahapan tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, dan
Implementation. Tahap analysis meliputi studi lapangan dan studi literatur. Tahap
design melitputi pembuatan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan
produk media pembelajaran berbasis Video, validasi ahli domain materi dan
validasi ahli domain media, serta revisi media pembelajaran dari ahli materi dan
ahli media. Tahap implementation dilakukan uji coba produk skala kecil yang
melibatkan 20 orang siswa. (2) hasil penilaian ahli domain materi I dengan skor 4,0
dan skor penilaian ahli materi II 4,25 serta penilaian ahli media 4,08. Jika
dikalkulasikan maka hasil rata-rata penilaian sebesar 4,11 yang membuat skor
penilaian ahli termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. (3) Hasil uji coba
skala kecil terhadap siswa kelas XI DPIB dengan jumlah 20 responden
menunjukkan bahwa akseptansi (tingkat penerimaan) oleh pengguna (peserta didik)
sebesar 4,00 yang berarti tingkat penerimaan media pembelajaran oleh siswa kelas
XI DPIB “SANGAT TINGGI”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Video Pembelajaran; Media pembelajaran interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:48
Last Modified: 19 Mar 2024 05:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55023

Actions (login required)

View Item
View Item