Nurazizah (2016) PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113341051 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 7113341051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM 7113341051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (946kB) | Preview
4.NIM 7113341051 KATAPENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 7113341051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 7113341051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM 7113341051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7113341051 BAB 1.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
12. NIM 7113341051 BAB V.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
13.NIM 7113341051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Tingkat PendapatandanPendidikan Orang tua terhadap prestasibelajar pada mata pelajaran ekonomi Siswa Kelas XI MAN 2 MODEL MEDAN Tahun Ajaran 2015/2016
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswaKelas XIMAN 2 MODEL MEDAN dengan jumlah 146 siswa.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orangTeknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random samplingdengan mengambil25-30%populasi yang ada.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesionersebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach0,883 untuk variabel Tingkat Pendapatandan 0,910 untuk variable Pendidikan Orang Tua. Selain itu digunakan studi dukumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda padapenelitian ini yaitu,Y = 3,628 + 0, 533X1+ 0,459X2Selain itu determinasi nilai Adjusted R Squaresebesar 73,5 % atau73 % Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Tingkat Pendapatan Orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Tingkat Pendidikan Orang tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Tingkat Pendapatan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.
Kepada pihak sekolah dapat membantu bila ada siswa yang membutuhkan biaya sekolah dan Guru dapat membantu dan membimbing siswa dalam melakukan proses pembelajaran agar prestasi mereka meningkat dan memberikan hasil yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 005 |
Keywords: | Tingkat PendapatanOrang Tua; Pendidikan Orang Tua; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 04:33 |
Last Modified: | 27 May 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5501 |