GULTOM, ALISA LAMTIUR (2023) Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Tusuk Jelujur Dengan Teknik Sashiko di SMK Gelora Jaya Nusantara. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5191143002_Cover.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
5191143002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5191143002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5191143002_Abstrak.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
5191143002_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
5191143002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
5191143002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
5191143002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
5191143002_BAB_I.pdf - Published Version
Download (893kB) | Preview
5191143002_BAB_V.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
5191143002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
Abstract
Dalam sulaman dan bordir terutama dalam menerapakan sulaman pada suatu
produk salah satunya tusuk jelujur siswa masih kesulitan dalam menyeimbangkan
besar dan kecil tusukannya, jarak tusukannya yang membuat hasilnya tidak sama rata,
materi pembelajaran yang belum dimengerti oleh siswa dan keefektifan media yang
digunakan masih rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan materi video
pembelajaran pembuatan teknik sashiko yang diterapkan pada sarung bantal kursi,
untuk mengetahui kelayakan materi video pembelajaran pembuatan teknik sashiko
pada siswa kelas XI SMK Gelora Jaya Nusantara dan mengetahui kemampuan siswa
dalam menerapkan tusuk hias dasar pada produk masih belum maksimal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Gelora Jaya Nusantara. Pada
penelitian ini keterampilan menyulam dan membordir menerapkan jahitan hias dasar
pada produk. Subyek penelitian ini adalah 21 siswa kelas XI Tata Busana SMK
Gelora Jaya Nusantara. Model pembelajaran ini terdiri dari empat tahapan, yaitu:
Mendefinisikan, merancang, mengembangkan dan memberikan. Uji kelayakan
dilakukan terhadap ahli materi dan ahli media. Data kelayakan produk dipadukan
dengan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) ahli materi video tutorial pembuatan tusuk
jelujur dengan teknik sashiko berada pada kualifikasi baik (76%), (2) ahli media pada
video tutorialpembuatan tusuk jelujur dengan teknik sashiko berada pada kualifikasi
sangat baik (82,5%), analisis kebutuhan siswa berada pada kualifikasi sangat baik
(82,5%), analisis kebutuhan guru berada pada kualifikasi sangat baik (90%). Ini
membuktikan kelayakan video tutorial dalam pembuatan tusuk jelujur dengan teknik
sashiko dikembangkan sangat baik untuk pembelajaran sulaman dan bordir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Tutorial; Sashiko; Tusuk Jelujur |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:55 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54951 |