Harsyah, Fauziah (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA PERHITUNGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa. (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa. (3) Hubungan karakter siswa terhadap hasil belajar kimia yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan. (4) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. (5) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA kelas X Matematika Sains di Kabupaten Batubara pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang diajarkan dengan materi kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 5 SMA di Batubara yang terdiri dari dua kelas setiap sekolahnya. Kelas eksperimen I diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA pegangan siswa di sekolah. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar dan lembar observasi karakter siswa. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan Compare Means- Independent Samples T- test program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hipotesis pertama, kedua dan ketiga Ha diterima Sig.< α (0,000 < 0,05). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai rata-rata gain 0,51 atau 51%, sehingga model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Data yang diperoleh menunjukkan hasil karakter dengan rata-rata tinggi, sehingga model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dapat menumbuhkembangkan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Har i |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah; Buku ajar; Pendidikan karakter; Ilmu kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2016 03:55 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5495 |