Siregar, Ade Wahyuni (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CASE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111058_Cover.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4191111058_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4191111058_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4191111058_Abstrak.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4191111058_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4191111058_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4191111058_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4191111058_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4191111058_BAB_I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
4191111058_BAB_V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4191111058_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan E-LKPD dengan menggunakan model pembelajaran case method yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matemais siswa SMA pada materi fungsi komposisi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi E LKPD, lembar RPP, tes kemampuan pemecahan masalah matematis (pretest dan posttest), dan angket respon. Setelah E-LKPD dan instrumen dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan ahli materi, dilanjutkan dengan uji keterbacaan dan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-LKPD berbasis case method yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan persentase dari ahli media sebesar 82,10% dan dari ahli materi sebesar 85,83% dengan kategori sangat layak, (2) E-LKPD berbasis case method yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase dari angket kepraktisan untuk guru sebesar 80,56%, angket respon siswa sebesar 79,03%, dan angket respon ahli (dosen) sebesar 83,33% dengan kategori sangat praktis, (3) E-LKPD berbasis case method yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif yang ditentukan dari (a) ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90%; (b) ketercapaian ketuntasan indikator yang dirumuskan sebesar 83,98%; (c) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah belajar menggunakan E-LKPD mengalami peningkatan sebesar 45,46 dan ditinjau dari nilai n-gain peningkatan berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 0,72; (d) pembelajaran dengan menggunakan E-LKPD memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 83,33%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-LKPD; case method; kemampuan pemecahan masalah matematis; fungsi komposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:39 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54936 |