Rahim, Abdul (2023) Hubungan Peran Guru Dalam Membimbing Dan Interaksi Belajar Mengajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengelasan Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5161121001_Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5161121001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5161121001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5161121001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
5161121001_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5161121001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
5161121001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5161121001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5161121001_BAB_I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
5161121001_BAB_V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5161121001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Belajar dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan-perubahan pada aspek
kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Hasil belajar yang paling nampak
yaitu hasil belajar pada aspek kognitf dapat dilihat dari nilai-nilai yang diperoleh
peserta didik dalam kurung waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: (1) hubungan peran guru dalam membimbing dengan hasil belajar
siswa, (2) hubungan peran guru dalam interaksi belajar mengajar dengan hasil
belajar siswa, dan (3) hubungan peran guru dalam membimbing dan peran guru
dalam interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan angka dijumlahkan sebagai
data y angka yang ang kemudian di analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan peran guru
dalam membimbing dengan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan nilai thitung lebih
besar dari ttabel (4,681>1,670) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat
hubungan peran guru dalam interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar siswa.
Hal ini dibuktikan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,681>1,670) dan nilai
signifikasi 0,000<0,05; dan (3) terdapat hubungan peran guru dalam membimbing
dan peran guru dalam interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar siswa. Hal
ini dibuktikan uji F hitung 25,293 > F tabel 3,148, dan nilai signifikansi sebesar
0,000<0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; Peran guru dalam membimbing; Interaksi belajar mengajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 02:33 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54897 |