PENDAMPINGAN GURU-GURU BINAAN PADA SEKOLAH PENGGERAK UNTUK MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI TPACK BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Siregar, Budi Halomoan and Mansyur, Abil and Kairuddin and Cahya, Nilam (2023) PENDAMPINGAN GURU-GURU BINAAN PADA SEKOLAH PENGGERAK UNTUK MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI TPACK BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. In: UNSPECIFIED. (In Press)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview

Abstract

Perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka terintegrasi TPACK merupakan
perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip yang
terdapat pada kurikulum merdeka dan teori kognitif multimedia yang berorientasi pada
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara
kepada para pendidik, disimpulkan bahwa: (1) kemampuan mengembangkan perangkat
pembelajaran berbasis kurikulum merdeka terintegrasi TPACK masih tergolong
rendah, (2) bahan ajar dan media yang digunakan selama ini masih bersifat sumber
informasi, dan (3) pemahaman pedagogik terkait pengembangan perangkat
pembelajaran berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi masih tergolong
rendah. Dengan demikian, PKM ini bertujuan meningkatkan keterampilan para
pendidik untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka
terintegrasi TPACK berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tahapan
yang dilakukan pada pengabdian ini adalah: (1) persiapan dan rancangan, (2)
pelaksanaan pelatihan, (3) evaluasi, (4) pembinaan, dan (5) monitoring. Peserta
pelatihan ini terdiri dari 40 guru SD yang sedang aktif bertugas di Yayasan Alhijrah 2.
Dimana sekolah ini adalah salah satu sekolah penggerak yang berada di Kabupaten
Deliserdang. Hasil PKM ini menunjukkan sebanyak 21 guru dapat menghasilkan
perangkat pembelajaran berbasis kurikulum merdeka terintegrasi TPACK dalam
kategori sangat baik, 10 guru dalam kategori baik, 7 guru dalam kategori sedang, dan
2 guru belum dapat menyelesaikannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Kurikulum Merdeka, Perangkat pembelajaran, TPACK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Mar 2024 22:27
Last Modified: 18 Mar 2024 22:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54849

Actions (login required)

View Item
View Item