Afina, Yura (2023) Pengaruh Metode The Cognitive Academic Language Learning Approach (Calla) Terhadap Kemampuan Meringkas Isi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2183311023 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 2183311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM 2183311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
4. NIM 2183311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
5. NIM 2183311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM 2183311023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7. NIM 2183311023 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
8. NIM 2183311023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 2183311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
13. NIM 2183311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM 2183311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan meringkas isi
teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan sebelum diterapkan metode
pembelajaran Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA), 2)
untuk mendeskripsikan kemampuan meringkas isi teks eksplanasi siswa kelas
VIII SMP Negeri 4 Medan setelah diterapkan metode pembelajaran Cognitive
Academic Language Learning Approach (CALLA), 3) untuk mendeskripsikan
pengaruh metode The Cognitive Academic Language Learning Approach
(CALLA) terhadap kemampuan meringkas isi teks eksplanasi oleh siswa kelas
VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran
2022/2023 yang berjumlah 178 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 36 siswa yang diambil secara acak kelas atau random sampling.
Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini
menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam meringkas teks eksplanasi
sebelum diterapkan metode CALLA berada pada kategori cukup, hal ini dapat
dilihat dari nilai rata-rata skor pre-tes yang diperoleh siswa yaitu sebesar 65,69.
Kemampuan siswa dalam meringkas teks eksplanasi sesudah menerapkan metode
CALLA berada pada kategori baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata skor
pos-tes yang diperoleh siswa yaitu sebesar 78,05. Metode CALLA berpengaruh
positif terhadap kemampuan meringkas teks eksplanasi pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023, hal ini dapat dilihat dari
nilai ttabel yaitu = 2,93 > 1,697 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho
ditolak. Hal ini membuktikan bahwa metode CALLA efektif dalam pembelajaran
meringkas teks eksplanasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | CALLA, Meringkas, Teks, Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:33 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54841 |