Naibaho, Fransiska (2023) Efektivitas Metode Pembelajaran Grammar Translation Method (GTM) Dengan Media Flipchart Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV SDN 104607 Sei Rotan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183311075 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 1183311075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 1183311075 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 1183311075 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 1183311075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM 1183311075 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM 1183311075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 1183311075 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 1183311075 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM 1183311075 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 1183311075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran melalui pelaksanan metode grammar translation method dengan media flipchart pada mata pelajaran bahasa inggris kelas IV SDN 104607 Sei Rotan T.A. 2022/2023. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan One-Group-Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan yang berjumlah 71 orang siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah secara random sampling. Sampel yang digunakan siswa kelas IV-A berjumlah 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t.
Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Dari hasil belajar yang diperoleh ditemukan bahwa 1 orang tidak tuntas sesuai nilai KKM, sisanya 23 orang tuntas artinya 96% siswa kelas IV di SDN 104607 Sei Rotan sudah tuntas melebihi 50% dengan nilai Rata-rata 85,58 dan pembelajaran ini dikatakan efektif menggunakan metode grammar translation method. 2) Dari hasil perhitungan data belajar dengan metode grammar translation method di peroleh thitung 4.796 dan ttabel 1,713 daftar distribusi t dengan taraf signifikan (ꭤ = 0,05) dan derajat kebebasan 23 (db =N–1 = 24 -1 = 23). Sehingga diperoleh thitung > ttabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan “Terdapat keefektifan pembelajaran dengan metode pembelajaran grammar translation method dengan media flipchart pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada kelas IV SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A. 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-030 |
Keywords: | Metode Grammar Translation Method; Media Flipchart; Bahasa Inggris di SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54839 |