SARUMPAET, TAMTAM HIDAYAT (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
5181111009_Cover.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
5181111009_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
5181111009_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
5181111009_Abstrak.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
5181111009_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
5181111009_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5181111009_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
5181111009_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
5181111009_BAB_I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5181111009_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
5181111009_BAB_V.pdf - Published Version
Download (747kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student
Team Achievement Division terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar
Dasar Konstruksi Bangunan kelas XI Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan
Di Smk Negeri 14 Medan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun
ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu
quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division dengan
model pembelajaran Demonstrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan
berganda sebanyak 20 soal yang sudah di uji validitas dan dinyatakan valid. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Dasar-Dasar
Konstruksi Bangunan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student
Team Achievement Division lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar
dengan model pembelajaran Demonstrasi. Hal ini dapat dilihat dari data hasil
belajar penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Student Team Achievement Division sebesar 85,62, sedangkan rata
rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Demonstrasi
sebesar 68,54. Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran Student Team Achievement Division dibuktikan dengan analisis
statistik uji-F yang menunjukkan thitung 24,160 > ttabel 1,675. Pada kelas yang diajar
dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division siswa lebih giat
dan bersemangat belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara
kelompok dan saling komunikasi antara siswa sehingga hasil belajar yang didapat
lebih baik dan efektif. Sedangkan dengan model pembelajaran Demonstrasi siswa
cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan
oleh guru, tetapi siswa sulit menerapkan yang diajarkan oleh guru dalam
penyelesaian tugas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Student Team Achievement Division; Demonstrasi; Hasil Belajar; SMK Negeri 14 Medan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 06:07 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54830 |