Pasaribu, M. Ali (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG KIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 710334056 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 710334056 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM. 710334056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
3. NIM. 710334056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 710334056 DAFTAR ISI(1).pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 710334056 DAFTAR TABEL(1).pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 710334056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
8. NIM. 710334056 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
12. NIM. 710334056 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 710334056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah banyak guru yang menganggap bahwa kecerdasan emosional tidak berperan dalam keberhasilan studi siswa, namun lebih cenderung kecerdasan intelektual yang berperan. Selain itu, rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Simpang Kiri Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Simpang Kiri dengan jumlah 120 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 40 orang (30% dari jumlah populasi) dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket sebanyak 25 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji koefisien secara parsial (uji t), uji koefisien secara simultan (uji F) dan analisis koefisien determinasi (R2). Pengolahan data secara statistik dengan bantuan program SPSS.
Kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,875 > 2,021 dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,638 > 2,021 dengan sigifikansi 0,000 > 0,05. Kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Simpang Kiri, Subulussalam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 53,400 > 3,23 dengan signifikansi 0,000 > 0,05. Angka R Square sebesar 0,743 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 74,3%. Sedangkan sisanya sebesar 25,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 SDP 011 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Motivasi Belajar Siswa; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 02:08 |
Last Modified: | 27 May 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5483 |