Sihotang, Erni (2023) Analisis Kendala yang Dialami oleh Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SD Gugus 1 Kecamatan Parbuluan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311029_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 1163311029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 1163311029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 1163311029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 1163311029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 1163311029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 1163311029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 1163311029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1163311029_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru dalam melaksanakan
proses pembelajaran daring di SD Gugus 1 Kecamatan Parbuluan Kabupaten
Dairi Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penerapan pembelajaran daring selama
pandemi Covid-19 telah mempengaruhi dan menimbulkan kendala selama proses
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Salah satu faktor yang mempengaruhi
dan menyebabkan timbulnya kendala tersebut adalah faktor penghambat proses
pembelajaran yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru kelas di SD Gugus 1 Kecamatan
Parbuluan Kabupaten Dairi yang berjumlah 30 orang, teknik sampling yang
digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan penyebaran angket secara langsung yang berisi 24 butir
pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatifdeskriptif
dengan menggunakan rumus Sturges yang kemudian diinterpretasikan
ke dalam bentuk persentase dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tingkat kendala guru SD Gugus 1 Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi
menunjukkan hasil siap dan dengan persentase sebesar 63,33% dengan jumlah
responden sebanyak 19 orang. Adapun hasil lainnya dapat dilihat dari persentase
ragu-ragu atau tidak siap sebesar 33,33% dengan jumlah responden sebanyak 10
orang, sangat setuju atau siap dengan persentase sebesar 3,33% dengan jumlah
responden sebanyak 1 orang, dan yang terakhir tidak setuju atau tidak siap,
dengan persentase sebesar 0% dengan jumlah 0 responden.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-018 |
Keywords: | Kendala, Guru, Pembelajaran, Daring, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54814 |