Afriani, Eka (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 200207 Padangsidimpuan Kelurahan Sitamiang Baru T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111022_COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 1181111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3. NIM. 1181111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 1181111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 1181111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1181111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1181111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1181111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13. NIM. 1181111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 1181111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
14. NIM. 1181111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penunjang terlaksananya proses pembelajaran yang efektif tidak lepas dari
penggunaan bahan ajar. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat digunakan siswa
sebagai sumber belajar adalah LKPD. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan
untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas LKPD berbasis kearitan
lokal yang dikembangkan pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Subtema 1
Lingkungan Tempat Tinggalku. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan
pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 200207
Padangsidimpuan T.A. 2022/2023 berjumlah 26 siswa. Model pengembangan
menggunakan model ADDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
angket validasi ahli, dan tes hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis dengan
tenik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal yang dikembangkan telah
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kevalidan terbukti berdasarkan
penilaian validator ahli materi pada aspek isi (kompetensi, penyajian materi,
latihan, isi materi) dan aspek tampilan (kejelasan) dengan persentase sebesar
94,7% (valid); maupun hasil validasi ahli media/desain (aspek tampilan,
konsistensi, penggunaan huruf dan kreteria fisik) dengan persentase sebesar
83,3% (valid). Kepraktisan dibuktikan berdasarkan hasil angket respon guru
dengan persentase sebesar 78,0% (praktis). Keefektifan dibuktikan dari hasil
belajar siswa dengan persentase kentutasan klasikal sebesar 96,2% serta rata-rata
peningkatan hasil belajar sebesar 26,385 (sig. < 0,05). Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa LKPD berbasis kearifan lokal Kota
Padangsidimpuan telah memenuhi kriteria valid, praktis serta terbukti efektif
diimplementasikan pada proses pembelajaran di dalam kelas. Sebagai tindak
lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan LKPD berbasis kearifan
lokal yang dihasilkan serta diharapkan untuk dapat merancang dan
mengembangkan sendiri LKPD berbasis kearifan lokal lainnya yang lebih kreatif
dan inovatif dalam menunjang proses pembelajaran di dalam kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-043 |
Keywords: | LKPD; Kearifan Lokal; Padangsidimpuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:54 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54801 |