Barus, Heni Alfiani (2015) PENGARUH KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7113341024 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 7113341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
4. NIM. 7113341024 ABSRTACT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 7113341024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
5. NIM. 7113341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
6. NIM. 7113341024 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7113341024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7113341024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7113341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM. 7113341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 7113341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Binjai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Manfaat dari penelitian ini adalah memberi sumbangan bagi pihak sekolah dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memberikan informasi mengenai prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan kelas X AP dilihat dari sudut pandang keterampilan guru mengajar dan minat belajarterhadap prestasi belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai dengan mengambil sampel sebanyak 42 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan guru mengajar dan minat belajar berupa angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 20 instrumen keterampilan guru mengajar terdapat 18 soal yang valid dan 2 soal yang tidak valid. Instrumen minat belajar dari 20 instrumen terdapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbachdengan hasil untuk reliabilitas keterampilan guru mengajardimanarhitung > rtabel yaitu sebesar 0,946> 0,361 dan untuk reliabilitas minat belajardimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,924 > 0,361.
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan guru mengajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,919> 1,683. Dan minat belajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 1,968> 1,683. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel keterampilan guru mengajar dan minat belajarberpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Binjai. Dengan nilai Fhitung sebesar280,677. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu 280,677> 3,24. Dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,935 yang berarti 93,5% prestasi belajar siswa (Y) berpengaruh sangat kuat antara keterampilan guru mengajar (X1) dan minat belajar (X2).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru mengajar dan minat belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Binjai T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 006 |
Keywords: | Keterampilan Guru Mengajar; Minat Belajar;Prestasi Belajar; Kewirausahaan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 May 2016 10:09 |
Last Modified: | 26 May 2016 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5479 |