Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 1`di Kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024.

Harahap, Abu Makmur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 1`di Kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 1191111062_Cover.pdf]
Preview
Text
1. 1191111062_Cover.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 2. 1191111062_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 1191111062_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of 3. 1191111062_Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 1191111062_Abstrak.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1191111062_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 1191111062_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 1191111062_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
5. 1191111062_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1191111062_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 1191111062_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1191111062_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 1191111062_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. 1191111062_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 1191111062_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 9. 1191111062_BAB_I.pdf]
Preview
Text
9. 1191111062_BAB_I.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 14. 1191111062_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. 1191111062_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13. 1191111062_BAB_V.pdf]
Preview
Text
13. 1191111062_BAB_V.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum
Learning Dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 1`di kelas IV
SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen research dengan desain
penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN 106810 Sampali T.A. 2023/2024 yang berjumlah 47
siswa dengan sampelnya adalah kelas IV-A sebagai kelas ekprerimen 1 yang
berjumlah 25 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 22
siswa. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan berbentuk soal pilihan
berganda. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent
Sample T-Test dengan berbantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa sebelum melalukan pembelajaran nilai rata-rata pretest kelas
eksperimen I adalah 39,60 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II
adalah 36,82. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen I
menggunakan model quantum learning memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar
85,20 dengan kategori baik. Sedangkan pada kelas eksperimen II dengan
menggunakan model pembelajaran student teams achievement division (STAD)
memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 78,64 dengan kategori cukup. Pada
pengujian independent sample t-test menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu
0,005 < 0,05 artinya Hɑ diterima dan H0 ditolak. maka disimpulkan bahwa
“pengaruh model pembelajaran quantum learning lebih efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran
student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran tematik tema 1
subtema 1 kelas IV SDN 106810 Sampali T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Quantum Learning; STAD; Hasil Belajar; Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:05
Last Modified: 18 Mar 2024 06:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54787

Actions (login required)

View Item
View Item