Purba, Anisha Y (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ICT Melalui Powtoon pada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV SD Negeri 101971 Sei Karang Kecamatan Galang T/A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311049 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 1183311049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (882kB) | Preview
3. NIM. 1183311049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1183311049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 1183311049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 1183311049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 1183311049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
13. NIM. 1183311049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 1183311049 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
14. NIM. 1183311049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
9. NIM. 1183311049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk media berbasis ICT yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media yang dihasilkan yaitu berupa Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ICT Melalui Powtoon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Bagaimana validitas pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis ICT melalui Powtoon; 2) Mengetahui praktikalitas media pemb elajaran video animasi berbasis ICT melalui Powtoon; dan 3) Mengetahui bagaimana efektifitas media pembelajaran video animasi berbasis ICT melalui Powtoon pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 101971 Sei Karang Kecamatan Galang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dengan guru kelas IV serta masukan dari validator ahli. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi materi, desain, praktisi pendidikan (guru) dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 98% dengan kriteria “Sangat Layak”. Validasi oleh ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali, memperoleh skor akhir 92% dengan kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Validasi oleh ahli praktisi pendidikan (guru) memperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Selanjutnya pada hasil pre-test didapatkan nilai rata-rata siswa yaitu 52 dan pada post test didapatkan nilai rata-rata siswa mengalami kenaikan menjadi 95. Persentase nilai post-test yaitu 95% dengan kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut disarankan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT melalui powtoon dan dapat menggunakannya pada saat proses pembelajaran berikutnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan;Media Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:45 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54761 |