Handayani, Tri Suci (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI BUKU AJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA sekolah. (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA sekolah. (3) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (4) Model pembelajaran kooperatif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter mulia siswa. (5) Hubungan antara nilai karakter mulia siswa dengan hasil belajar siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yang dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran koopertif berbasis masalah terintegrasi buku ajar yang telah dikembangkan dan kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran koopertif berbasis masalah terintegrasi buku ajar kimia SMA/MA . Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan independent sample t-test dan uji korelasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) Ha1 diterima dengan Sig. (1-tailed) < α (0,012 < 0,05) (2) Ha2 diterima dengan Sig. (1-tailed) < α (0,00 < 0,05) (3) Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 (65%) lebih tinggi daripada Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 2 (55%) (4) Nilai karakter komunikatif, kreatifitas, tanggung jawab, toleransi dan rasa ingin tahu pada kelas eksperimen 1 lebih berkembang daripada kelas eksperimen 2. (5) Ha3 diterima dengan Sig. < α (0.015 <0.05) untuk karakter komunikatif, Sig. < α (0.003 <0.05) untuk karakter kreatifitas, Sig. < α (0.013 <0.05) untuk karakter tanggung jawab, sig <α (0.049 <0.05) untuk karakter toleransi dan Sig. < α (0.045 <0.05) untuk karakter rasa ingin tahu..
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 712 Han i |
Keywords: | Model pembelajaran; Buku ajar; Pendidikan karakter; Pengajaran kimia; Persamaan reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LT Textbooks Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 May 2016 08:57 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5476 |