KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ADVANCE ORGANIZER YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN MEDIA BENDA RIIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Ratno, Suyit (2015) KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN ADVANCE ORGANIZER YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN MEDIA BENDA RIIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8116142019 Judul.pdf]
Preview
Text
8116142019 Judul.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8116142019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8116142019 Abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8116142019 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8116142019 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8116142019 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8116142019 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8116142019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Bab I.pdf]
Preview
Text
8116142019 Bab I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Bab V.pdf]
Preview
Text
8116142019 Bab V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 8116142019 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8116142019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Medan dan MAN Tanjungmorawa Kabupaten Deliserdang. Sampel diambil 2 kelas dari MAN 3 Medan dan 2 kelas dari MAN Tanjungmorawa. Kelas eksperimen I diberi Pembelajaran Berbasis Masalah yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer. Kelas eksperimen II diberi Pembelajaran Berbasis Masalah yang diintegrasikan dengan media benda riil. Kelas eksperimen III diberi Pembelajaran Advance Organizer yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer. Kelas eksperimen IV diberi Pembelajaran Advance Organizer yang diintegrasikan dengan media benda riil. Hasil Belajar siswa diukur dengan instrumen test hasil belajar. Untuk mengukur pembentukan kreativitas siswa digunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova pada taraf signifikansi α = 0,05. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan General Linear Model Multivariate dengan program SPSS-19. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah dan advance organizer terhadap kreativitas siswa, sig. 0,191 (sig. > 0,05) ; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berbasis masalah dan advance organizer terhadap hasil belajar siswa, sig. 0,042 (sig. < 0,05) ; (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari media berbasis komputer dan media benda riil terhadap kreativitas siswa, sig. 0,709 (sig. > 0,05); (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari media berbasis komputer dan media benda riil terhadap hasil belajar siswa, sig. 0,001 (sig. < 0,05); (5) Terdapat interaksi antara penerapan pembelajaran berbasis masalah dan advance organizer dengan media berbasis komputer dan media benda riil terhadap kreativitas siswa, sig. 0,000 (sig. < 0,05); (6) Terdapat interaksi antara penerapan pembelajaran berbasis masalah dan advance organizer dengan media berbasis komputer dan media benda riil terhadap hasil belajar siswa, sig. 0,010 (sig. < 0,05); (7) Model pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan kreativitas siswa adalah Pembelajaran Berbasis Masalah yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer, (77 ± 13,339); (8) Model pembelajaran yang paling optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah Pembelajaran Berbasis Masalah yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer (0,579 ± 0,111) .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.340 712 Rat a
Keywords: Kreativitas; Pembelajaran berbasis masalah; Advance organizer; Media pembelajaran; Media benda riil; Larutan penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 May 2016 08:35
Last Modified: 26 May 2016 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item
View Item