Fazira, Dini Ayu (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN BERGANDA EMPAT TINGKAT (FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183151027 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 4183151027 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM 4183151027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 4183151027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4183151027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 4183151027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 4183151027 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM 4183151027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 4183151027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM 4183151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM 4183151027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kategori konsepsi siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia; (2) untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa di setiap konsep pada materi Sistem Ekskresi Manusia; dan (3) untuk
mengidentifikasi faktor penyebab siswa mengalami miskonsepsi. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang berasal dari kelas VIII-4. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa Tes Diagnostik Pilihan Berganda Empat Tingkat (Four-tier Multiple Choice), dan teknik non tes berupa angket. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 58,16% siswa termasuk kategori miskonsepsi; 20,15% siswa termasuk kategori tidak paham; dan 21,33% termasuk kategori paham. Berdasarkan indikator pada konsep materi Sistem Ekskresi Manusia, miskonsepsi yang paling tinggi terdapat pada konsep struktur, fungsi, dan
mekanisme ekskresi pada hati (74,16%); sementara miskonsepsi terendah terdapat pada indikator struktur, fungsi, dan mekanisme ekskresi pada kulit (41,67%). Faktor-faktor penyebab siswa mengalami miskonsepsi yaitu metode mengajar
(29,33%), siswa (25,84%), buku teks (16,69%), guru (14,94%), dan konteks (13,20%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Miskonsepsi; Sistem Ekskresi Manusia; Tes diagnostik pilihan berganda empat tingkat (Three-tier multiple choice) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:53 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54712 |