Fazira, Dini Ayu (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK PILIHAN BERGANDA EMPAT TINGKAT (FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183151027 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM 4183151027 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM 4183151027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 4183151027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM 4183151027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 4183151027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 4183151027 TABLES.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM 4183151027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 4183151027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM 4183151027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
10. NIM 4183151027 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (675kB)
11. NIM 4183151027 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (145kB)
12. NIM 4183151027 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (230kB)
13. NIM 4183151027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15. NIM 4183151027 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kategori konsepsi siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia; (2) untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa di setiap konsep pada materi Sistem Ekskresi Manusia; dan (3) untuk
mengidentifikasi faktor penyebab siswa mengalami miskonsepsi. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang berasal dari kelas VIII-4. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes berupa Tes Diagnostik Pilihan Berganda Empat Tingkat (Four-tier Multiple Choice), dan teknik non tes berupa angket. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 58,16% siswa termasuk kategori miskonsepsi; 20,15% siswa termasuk kategori tidak paham; dan 21,33% termasuk kategori paham. Berdasarkan indikator pada konsep materi Sistem Ekskresi Manusia, miskonsepsi yang paling tinggi terdapat pada konsep struktur, fungsi, dan
mekanisme ekskresi pada hati (74,16%); sementara miskonsepsi terendah terdapat pada indikator struktur, fungsi, dan mekanisme ekskresi pada kulit (41,67%). Faktor-faktor penyebab siswa mengalami miskonsepsi yaitu metode mengajar
(29,33%), siswa (25,84%), buku teks (16,69%), guru (14,94%), dan konteks (13,20%).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Miskonsepsi; Sistem Ekskresi Manusia; Tes diagnostik pilihan berganda empat tingkat (Three-tier multiple choice) |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:53 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 05:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54712 |
