PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 PANGURURAN 2022/2023

ButarButar, Renatha Valentina (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 PANGURURAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182141012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4182141012 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4182141012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4182141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4182141012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4182141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4182141012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4182141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4182141012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4182141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4182141012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4182141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4182141012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4182141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4182141012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4182141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Problem-based Learning pada materi virus yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pangururan. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas X dan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan model 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket unuk keperluan vaidasi dan respon guru Biologi dan siswa terhadap LKPD yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan layak berdasarkan penilaian validator materi(92,3%), pembelajaran (93,0%), dan desain (90,0%). Hal yang sama juga ditemukan terhadap respon guru Biologi (96,9%) dan siswa (94,2%). Sedangkan analisis LKPD dengan menggunakan N-Gain Score menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sedag (0,69).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 010
Keywords: Virus; Problem based learning; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:39
Last Modified: 06 Mar 2024 07:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54692

Actions (login required)

View Item
View Item