Sihombing, Natalia (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ANIMALIA KELAS X IPA DI SMA YAYASAN PERGURUAN UTAMA MEDAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4181141019 COVER.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
2. NIM 4181141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
3. NIM 4181141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
4. NIM 4181141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
5. NIM 4181141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
9. NIM 4181141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
10. NIM 4181141019 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
11. NIM 4181141019 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. NIM 4181141019 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. NIM 4181141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
14. NIM 4181141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
15. NIM 4181141019 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik pada materi animalia kelas X IPA di SMA Yayasan Perguruan Utama Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Perancangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Development, dan Dessiminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli pembelajaran terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memperoleh kriteria “sangat layak” dengan persentase 97,7%, penilaian ahli materi memperoleh kriteria “sangat layak” dengan persentase 85,71 % dan penilaian oleh ahli design memperoleh kriteria “sangat layak” dengan persentase 97,9%. Hasil penilaian guru bidang studi terhadap LKPD memperoleh kriteria “sangat layak” dengan persentase 96,87% dan penilaian oleh peserta didik memperoleh kriteria “positif” dengan skor sebesar dengan persentase 95,96%. Uji efektivitas penggunaan LKPD berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kriteria “sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pada materi animalia dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2023 BIO 013 |
| Keywords: | Pendekatan saintifik; Animalia; Lembar kerja peserta didik |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QL Zoology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 06 Mar 2024 06:07 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 02:29 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54687 |
