KURNIAWAN, ARDA WIJAYA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 MEDAN TA. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192444001_Cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7192444001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
7192444001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7192444001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7192444001_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7192444001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7192444001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7192444001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7192444001_BAB_I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
7192444001_BAB_V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7192444001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif wordwall dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB yang berjumlah sebanyak 139 siswa. Sampel dalam penelitian sebanyak 70 siswa yang terdiri dari kelas XI MPLB 1 dan XI MPLB 2. Pengumpulan data dilakukan dengan tes soal hasil belajar dan angket keaktifan belajar. Teknik analisis data pada uji normalitas adalah Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji f (Levene), kemudian uji hipotesis menggunakan uji Two Way Anava dengan SPSS versi 25.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar, hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 166.934 > 3,99 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Keaktifan belajar juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar berdasar uji hipotesis dengan Fhitung > Ftabel yaitu 4.864 > 3,99 dan nilai signifikansi 0,031 < 0,05. Interaksi antara penggunaan media wordwall dan keaktifan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar berdasar Fhitung > Ftabel yaitu 4.258 > 3,99 dan nilai signifikansi 0,043 < 0,05. Ketiga hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media interaktif wordwall dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan Kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Wordwall, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:16 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54681 |