FITRIANA, ALMIRA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN DI SMK PAB 2 HELVETIA TA.2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193144001_Cover.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7193144001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7193144001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7193144001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7193144001_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7193144001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7193144001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7193144001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7193144001_BAB_I.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
7193144001_BAB_V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7193144001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar OTK humas dan keprotokolan yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan media kahoot lebih tinggi dibandingkan hasil belajar OTK humas dan keprotokolan yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas XII OTKP SMK PAB 2 Helvetia T.A 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII OTKP SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu, 42,5 dan 84,5. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu, 51 dan 64,75. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel atau 6,280 > 1,683. Melalui kriteria pengujian, hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar OTK humas dan keprotokolan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Menggunakan Media Kahoot lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar OTK humas dan keprotokolan yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII Di SMK PAB 2 Helvetia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Media Kahoot, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 02:53 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54680 |