Fitriani, Ade Irma (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA PERKANTORAN KELAS XI SMK TAMANSISWA MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183144018_Cover.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7183144018_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7183144018_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7183144018_Abstrak.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7183144018_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7183144018_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7183144018_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7183144018_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7183144018_BAB_I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
7183144018_BAB_V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7183144018_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI SMK Tamansiswa Medan T.P 2023/2024.
Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Tamansiswa medan yang beralamat di Jalan Sabarudin No. 8 Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MP SMK Tamansiswa Medan yang berjumlah sebanyak 52 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling yaitu menggunakan kelas XI MP 1 sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah 25 peserta didik dan kelas XI MP 2 sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah 27 peserta didik. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian terdiri dari soal pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis uji-t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test kelas eksperimen I yaitu 50,40 dengan standar deviasi 6,785 post-test 80,20 dengan standar deviasi 5,942. Sedangkan rata-rata pre-test kelas eksperimen II yaitu 50,74 dengan standar deviasi 6,460 post-test 84,63 dengan standar deviasi 5,785. Pengujian hipotesis dengan uji-t dari hasil belajar Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur memperoleh hasil thitung> ttabel yaitu 15,142 > 2,063 dan nilai sig < 0,05 = 0,001< 0,05, sedangkan hasil belajar model Problem Based Learning (PBL) nilai thitung > ttabel yaitu 20,247 > 2,055 serta nilai sig < 0,05 = 0,001 < 0,05. Melihat kriteria pengujian hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Sehingga artinya ada pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI SMK Tamansiswa Medan T.P 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Problem Based Learning. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 02:41 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54679 |