Purba, Agnes Lucyana (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNT UK MENING KAT KA N KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183111070 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4183111070 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM 4183111070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4. NIM 4183111070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 4183111070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 4183111070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. NIM 4183111070 TABLES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
8. NIM 4183111070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
9. NIM 4183111070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
13. NIM 4183111070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM 4183111070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Pematang Siantar melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw,
(2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Pematang Siantar setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Pematang Siantar yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3
SMP Negeri 5 Pematang Siantar tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua
siklus. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data pada tes awal, terdapat 5 siswa (16,67%) telah mencapai kriteria ketuntasan sedangkan 25 siswa (83,33%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 57,41. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, terdapat 14 siswa (46,67%) telah mencapai kriteria ketuntasan sedangkan
16 siswa (53,33%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 65,83. Pada siklus II terdapat 27 siswa (90%) telah mencapai kriteria ketuntasan sedangkan 3 siswa (10%) belum
tuntas dengan rata-rata kelas 80,83. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kelas sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Pematang Siantar tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Jigsaw; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:40 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54612 |