Marpaung, Hilda Ester Lina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGURURAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182141018 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 4182141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM 4182141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 4182141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. NIM 4182141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4182141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
10. NIM 4182141018 CHAPTER II.pdf
Download (899kB)
11. NIM 4182141018 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (728kB)
12. NIM 4182141018 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (833kB)
13. NIM 4182141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM 4182141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
15. NIM 4182141018 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2022/2023 yang layak digunakan. LKPD dikembangkan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni-agustus 2022. Uji coba kelayakan produk LKPD dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen ahli materi, dosen ahli pembelajaran, dosen ahli desain, guru biologi kelas X SMA Negeri 1 Pangururan dan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pangururan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan layak di SMA Negeri 1 Pangururan. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak, validator ahli pembelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat layak, validator ahli desain sebesar 94%, guru bidang studi biologi sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Uji coba perorangan mendapat hasil sebesar 93% dengan kategori baik, kelompok kecil mendapat hasil sebesar 94% dengan kategori baik, dan kelompok terbatas mendapat hasil sebesar 96% dengan kategori baik. N-gain hasil belajar peserta didik memperoleh nilai sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Sikap peduli lingkungan peserta didik berada pada angka 78,5 dengan kriteria tinggi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2023 BIO 017 |
| Keywords: | Keanekaragaman hayati; Problem based learning; Lembar kerja peserta didik; Sikap peduli lingkungan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:16 |
| Last Modified: | 10 Oct 2025 01:46 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54583 |
