Marpaung, Hilda Ester Lina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGURURAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182141018 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 4182141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM 4182141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM 4182141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. NIM 4182141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4182141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
13. NIM 4182141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM 4182141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Negeri 1 Pangururan T.P 2022/2023 yang layak digunakan. LKPD dikembangkan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni-agustus 2022. Uji coba kelayakan produk LKPD dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen ahli materi, dosen ahli pembelajaran, dosen ahli desain, guru biologi kelas X SMA Negeri 1 Pangururan dan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pangururan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan layak di SMA Negeri 1 Pangururan. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata yang diperoleh dari validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak, validator ahli pembelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat layak, validator ahli desain sebesar 94%, guru bidang studi biologi sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Uji coba perorangan mendapat hasil sebesar 93% dengan kategori baik, kelompok kecil mendapat hasil sebesar 94% dengan kategori baik, dan kelompok terbatas mendapat hasil sebesar 96% dengan kategori baik. N-gain hasil belajar peserta didik memperoleh nilai sebesar 0,73 dengan kriteria tinggi. Sikap peduli lingkungan peserta didik berada pada angka 78,5 dengan kriteria tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 017 |
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Problem based learning; Lembar kerja peserta didik; Sikap peduli lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 08:16 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54583 |