Tarigan, Enda Jerina (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIOVISUAL PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA SMA N 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4182141003 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2 NIM 4182141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
3 NIM 4182141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM 4182141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5 NIM 4182141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
9. NIM 4182141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4182141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM 4182141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan karena sudah pesatnya perkembangan serta penggunaan teknologi khususnya dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis audiovisual yang dapat membantu proses pembelajaran disekolah sehingga pembelajaran di sekolah yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster yang valid, efektif, serta praktis pada materi sistem pertahanan tubuh. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Developement, Implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 31 responden.
Hasil validasi ahli media terhadap media pembelajaran berbasis audiovisual rata-ratanya sebesar 83%, dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis audiovisual rata-ratanya sebesar 98,8%, dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli pembelajaran terhadap media pembelajaran berbasis audiovisual rata-rata sebesar 95,8%, dengan kategori sangat layak. Guru memberikan respon sangat baik terhadap media pembelajaran berbasis audiovisual, dengan persentase respon pendidik 92,5%. Siswa memberikan respon sangat baik terhadap media pembelajaran berbasis audiovisual, dengan persentase respon peserta didik 93,5%.
Serta waktu pembelajaran yang tidak melebih waktu pembelajaran biasanya. Maka diperoleh bahwa media pembelajaran berbasis audiovisual yang dikembangkan menggunakan aplikasi kinemaster pada materi sistem pertahanan tubuh dikatakan sangat valid, praktis, serta efektif digunaka n dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2023 BIO 019 |
Keywords: | Audiovisual; Sistem pertahanan tubuh; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 08:27 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54560 |